Pokok Dari Akidah Islam Adalah
Pokok Dari Akidah Islam Adalah

Pokok Dari Akidah Islam Adalah

 

Hai Sobat CobainSaja.Com, kali ini kita akan membahas mengenai pokok-pokok dari akidah Islam. Islam merupakan agama yang dianut oleh lebih dari 1,8 miliar umat di seluruh dunia. Akidah Islam sendiri merupakan landasan utama dalam beragama Islam.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami pokok-pokok dari akidah Islam agar kita dapat memperkuat iman dan keyakinan kita dalam beragama Islam.

Monotheisme (Tauhid)

Pokok pertama dari akidah Islam adalah monotheisme. Monotheisme atau tauhid adalah keyakinan bahwa Allah SWT adalah satu-satunya Tuhan yang berhak disembah dan tidak ada Tuhan selain Allah SWT. Konsep ini menjadi dasar dari seluruh ajaran Islam dan merupakan pokok utama dari ajaran Islam. Tauhid dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tauhid rububiyah, tauhid uluhiyah, dan tauhid asma wa sifat.

Nabi dan Rasul

Pokok kedua dari akidah Islam adalah kepercayaan terhadap nabi dan rasul. Nabi dan rasul adalah manusia-manusia terpilih yang Allah SWT utus untuk menyampaikan ajaran-Nya kepada umat manusia. Ada 25 nabi dan rasul yang diutus oleh Allah SWT, di antaranya adalah Nabi Adam, Nabi Nuh, Nabi Ibrahim, Nabi Musa, Nabi Isa, dan Nabi Muhammad SAW sebagai nabi terakhir.

Kitab Suci Al-Quran

Pokok ketiga dari akidah Islam adalah kepercayaan terhadap kitab suci Al-Quran. Al-Quran merupakan kitab suci bagi umat Islam yang diwahyukan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Al-Quran terdiri dari 114 surah dan 6.236 ayat yang berisi ajaran-ajaran agama Islam.

Malaikat

Pokok keempat dari akidah Islam adalah kepercayaan terhadap malaikat. Malaikat adalah makhluk Allah SWT yang diciptakan dari nur atau cahaya. Malaikat bertugas untuk menjalankan perintah Allah SWT, seperti mencatat amal manusia, mengawasi manusia, dan membawa wahyu dari Allah SWT kepada para nabi dan rasul.

Hari Kiamat

Pokok kelima dari akidah Islam adalah kepercayaan terhadap hari kiamat. Hari kiamat adalah hari ketika seluruh makhluk akan dibangkitkan oleh Allah SWT untuk dihisab atas segala amal yang telah dilakukan selama hidup di dunia. Setiap manusia akan dipertanggungjawabkan atas segala perbuatan yang dilakukannya dan diadili oleh Allah SWT.

Takdir atau Qada dan Qadar

Pokok keenam dari akidah Islam adalah kepercayaan terhadap takdir atau qada dan qadar. Takdir atau qada dan qadar adalah keyakinan bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia sudah ditetapkan oleh Allah SWT sejak awal. Manusia hanya bisa berusaha dan berdoa, sedangkan hasil akhirnya tetap ditentukan oleh Allah SWT.

Kesimpulan

Demikianlah, Sobat CobainSaja.Com, pokok-pokok dari akidah Islam yang perlu kita pahami dan yakini sebagai umat Muslim. Dengan memahami dan mengamalkan pokok-pokok dari akidah Islam, kita dapat memperkuat iman dan keyakinan kita dalam menjalani kehidupan di dunia ini.

Mari kita terus belajar dan mengamalkan ajaran Islam untuk menjadi umat Muslim yang baik dan bermanfaat bagi sesama. Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya!