Pengertian Teks Prosedur, Ciri-Ciri, Jenis, Struktur, dan Contohnya

Pengertian Teks Prosedur – CobainSaja.Com | Teks prosedur adalah sebuah teks yang berisi langkah atau tahapan untuk melakukan suatu hal. Teks prosedur menjelaskan cara membuat atau mengerjakan sesuatu dengan langkah-langkah atau cara-cara tertentu yang ditulis secara terstruktur dan sistematis.

Teks prosedur sering digunakan sebagai panduan, petunjuk, atau instruksi dalam berbagai bidang, seperti kesehatan, pendidikan, teknologi, bisnis, dan lain-lain. Teks prosedur juga dapat berupa teks lisan atau tulisan, tergantung pada tujuan dan sasaran pembuatnya.

Pengertian Teks Prosedur

Pengertian teks prosedur menurut beberapa ahli adalah sebagai berikut:

  • Menurut Knapp dan Watkins, teks prosedur adalah teks yang bertujuan untuk memberitahukan orang mengenai bagaimana suatu hal dilakukan, menggunakan bahasa ajakan atau persuasiĀ¹.
  • Menurut Keraf, teks prosedur adalah urutan tindakan untuk menciptakan atau menghasilkan suatuĀ².
  • Menurut Kosasih, teks prosedur adalah teks yang menjelaskan langkah-langkah secara lengkap, jelas, dan terperinci tentang cara melakukan sesuatuĀ³.

Dari beberapa definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa teks prosedur adalah teks yang berisi langkah-langkah aktivitas atau kegiatan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Teks prosedur ini dibutuhkan sebagai panduan bagi seseorang dalam membuat atau menyusun sesuatu.

Ciri-Ciri Teks Prosedur

Teks prosedur memiliki ciri-ciri khusus yang membedakannya dengan jenis teks lain, yaitu:

  • Berisi mengenai langkah-langkah suatu kegiatan yang harus dilakukan secara berurutan dan logis.
  • Ditulis dalam bentuk poin-poin atau nomor urut yang mudah dipahami dan diikuti.
  • Menggunakan kalimat saran dan larangan yang bersifat imperatif, seperti “lakukan”, “jangan”, “harus”, “hindari”, dan sebagainya.
  • Disusun secara sistematis tapi detail, sehingga tidak ada langkah yang terlewat atau ambigu.
  • Menyajikan informasi yang bersifat objektif, tanpa adanya opini atau penilaian pribadi dari penulis.
  • Berisi bilangan angka atau urutan yang menunjukkan tahapan atau prioritas dari suatu kegiatan.

Struktur Teks Prosedur

Dalam penyusunannya, struktur teks prosedur terdiri dari empat bagian, yaitu:

  1. Tujuan, yaitu bagian yang menjelaskan apa yang ingin dicapai atau dibuat dengan teks prosedur tersebut. Tujuan biasanya ditulis dalam bentuk judul atau kalimat pembuka yang menarik perhatian pembaca.
  2. Material, yaitu bagian yang menjelaskan bahan-bahan atau alat-alat yang dibutuhkan untuk melakukan suatu kegiatan. Material biasanya ditulis dalam bentuk daftar yang rapi dan jelas.
  3. Langkah-langkah, yaitu bagian yang menjelaskan cara-cara atau proses untuk melakukan suatu kegiatan. Langkah-langkah biasanya ditulis dalam bentuk poin-poin atau nomor urut yang sesuai dengan urutan logis dan kronologis.
  4. Penegasan ulang (kesimpulan), yaitu bagian yang menjelaskan hasil akhir atau manfaat dari suatu kegiatan. Penegasan ulang biasanya ditulis dalam bentuk kalimat penutup yang singkat dan padat.

Jenis-Jenis Teks Prosedur

Teks prosedur dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, berdasarkan tujuan, sasaran, dan kompleksitasnya, yaitu:

  • Teks prosedur untuk menggunakan sebuah alat atau benda, yaitu teks prosedur yang menjelaskan cara menggunakan atau mengoperasikan suatu alat atau benda tertentu, seperti komputer, mesin cuci, televisi, dan sebagainya. Contoh: Cara Menggunakan Mesin Cuci.
  • Teks prosedur untuk melakukan suatu kegiatan, yaitu teks prosedur yang menjelaskan cara melakukan suatu kegiatan tertentu, seperti memasak, berkebun, bermain gitar, dan sebagainya. Contoh: Cara Membuat Es Krim.
  • Teks prosedur sederhana, yaitu teks prosedur yang menjelaskan cara melakukan suatu kegiatan yang mudah dan tidak membutuhkan banyak langkah, bahan, atau alat. Contoh: Cara Membuat Telur Mata Sapi.
  • Teks prosedur kompleks, yaitu teks prosedur yang menjelaskan cara melakukan suatu kegiatan yang sulit dan membutuhkan banyak langkah, bahan, atau alat. Contoh: Cara Membuat Kue Ulang Tahun.
  • Teks prosedur protokol, yaitu teks prosedur yang menjelaskan cara melakukan suatu kegiatan yang bersifat formal dan mengikuti aturan atau standar tertentu. Contoh: Cara Melakukan Upacara Bendera.

Contoh Teks Prosedur Sederhana

Berikut adalah contoh teks prosedur sederhana yang menjelaskan cara membuat telur mata sapi:

Cara Membuat Telur Mata Sapi

Telur mata sapi adalah salah satu menu sarapan yang mudah dan cepat dibuat. Telur mata sapi memiliki bentuk yang menarik, yaitu kuning telur yang masih utuh dan putih telur yang mengembang. Berikut adalah cara membuat telur mata sapi yang lezat dan sehat.

Material

  • Telur ayam, satu butir
  • Mentega, satu sendok teh
  • Garam, secukupnya
  • Lada, secukupnya
  • Saus tomat, secukupnya
  • Wajan anti lengket
  • Spatula
  • Piring

Langkah-Langkah

    1. Panaskan wajan anti lengket di atas api sedang.
    2. Tambahkan mentega ke dalam wajan dan biarkan meleleh.
    3. Pecahkan telur dan masukkan ke dalam wajan dengan hati-hati, agar kuning telur tidak pecah.
    4. Tambahkan garam dan lada secukupnya di atas telur.
    5. Biarakan telur matang selama beberapa menit, sesuai dengan tingkat kematangan yang diinginkan.
    6. Angkat telur dengan spatula dan letakkan di atas piring.
    7. Tambahkan saus tomat secukupnya di atas telur mata sapi.
    8. Hidangkan telur mata sapi dengan roti, nasi, atau makanan lain yang Anda sukai.

Penegasan Ulang

Telur mata sapi adalah menu sarapan yang mudah dan cepat dibuat. Anda hanya membutuhkan telur, mentega, garam, lada, dan saus tomat sebagai bahan-bahannya. Anda juga hanya perlu mengikuti langkah-langkah sederhana yang telah dijelaskan di atas. Dengan begitu, Anda dapat menikmati telur mata sapi yang lezat dan sehat di pagi hari. Selamat mencoba!

Check Also

Pengertian Cerpen: Ciri, Unsur, Jenis, dan Contoh

Pengertian Cerpen: Ciri, Unsur, Jenis, dan Contoh

Pengertian Cerpen: Ciri, Unsur, Jenis, dan Contoh | CobainSaja.Com – Cerpen adalah singkatan dari cerita …