Pengertian Teks Eksposisi: Ciri-Ciri, Struktur, Jenis, dan Contohnya

Pengertian Teks Eksposisi: Ciri-Ciri, Struktur, Jenis, dan Contohnya | CobainSaja.Com – Teks eksposisi adalah jenis teks yang berisi informasi dan pengetahuan yang disampaikan secara singkat, padat, dan disertai pendapat (argumen) dari penulisnya.

Tujuan dari teks ini adalah untuk menjelaskan, menginformasikan, atau memberikan pengetahuan kepada pembaca tentang suatu topik tertentu tanpa bermaksud memengaruhi atau membujuk pembaca.

Teks eksposisi banyak ditemukan di media cetak maupun digital, seperti surat kabar, majalah, buku, website, blog, dan lain-lain.

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

Terdapat beberapa ciri-ciri yang dapat membedakan teks eksposisi dengan jenis teks lainnya, yaitu:

  • Teks eksposisi memiliki gagasan pokok atau tesis yang menjadi inti dari informasi atau pengetahuan yang disampaikan. Gagasan pokok ini biasanya terdapat di awal atau akhir paragraf.
  • Teks eksposisi mengandung fakta-fakta yang mendukung gagasan pokok atau tesis. Fakta-fakta ini dapat berupa data, statistik, peristiwa, contoh, kutipan, atau sumber yang relevan dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
  • Teks eksposisi menggunakan bahasa yang baku, jelas, dan objektif. Bahasa yang baku berarti sesuai dengan kaidah ejaan dan tata bahasa yang berlaku. Bahasa yang jelas berarti mudah dipahami oleh pembaca tanpa menimbulkan makna ganda atau ambigu. Bahasa yang objektif berarti tidak memihak atau berprasangka terhadap suatu pihak atau sudut pandang tertentu.
  • Teks eksposisi bersifat informatif dan edukatif. Teks ini bertujuan untuk memberikan informasi atau pengetahuan yang bermanfaat bagi pembaca, bukan untuk menghibur, menggugah emosi, atau mempengaruhi pembaca.
  • Teks eksposisi memiliki struktur yang terdiri dari tesis, rangkaian argumen, dan penegasan ulang. Struktur ini akan dijelaskan lebih lanjut di bagian selanjutnya.

Struktur Teks Eksposisi

Struktur teks eksposisi adalah susunan bagian-bagian yang membentuk teks eksposisi secara utuh. Struktur teks eksposisi terdiri dari tiga bagian, yaitu:

  1. Tesis. Tesis adalah bagian yang berisi gagasan pokok atau pernyataan umum tentang topik yang dibahas. Tesis biasanya terdapat di awal atau akhir paragraf pertama. Tesis dapat berupa definisi, proses, ilustrasi, pertentangan, laporan, atau perbandingan tentang topik yang dibahas.
  2. Rangkaian argumen. Rangkaian argumen adalah bagian yang berisi fakta-fakta yang mendukung tesis. Fakta-fakta ini dapat berupa data, statistik, peristiwa, contoh, kutipan, atau sumber yang relevan dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Rangkaian argumen biasanya terdapat di paragraf-paragraf berikutnya setelah tesis. Rangkaian argumen dapat disusun dengan pola pengembangan umum-khusus, khusus-umum, ilustrasi, atau perbandingan.
  3. Penegasan ulang. Penegasan ulang adalah bagian yang berisi simpulan atau kesimpulan dari tesis dan rangkaian argumen. Penegasan ulang biasanya terdapat di akhir paragraf terakhir. Penegasan ulang dapat berupa ringkasan, rekomendasi, saran, atau ajakan kepada pembaca.

Jenis-Jenis Teks Eksposisi

Teks eksposisi dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan tesis atau gagasan pokok yang disampaikan. Berikut adalah beberapa jenis teks eksposisi yang umum ditemukan:

  • Eksposisi definisi. Eksposisi definisi adalah jenis teks eksposisi yang berisi penjelasan tentang makna, ciri, atau sifat dari suatu konsep, istilah, atau fenomena. Contoh topik eksposisi definisi adalah pengertian globalisasi, pengertian demokrasi, pengertian pancasila, dan lain-lain.
  • Eksposisi proses. Eksposisi proses adalah jenis teks eksposisi yang berisi penjelasan tentang langkah-langkah, tahapan, atau cara melakukan suatu kegiatan, pekerjaan, atau prosedur. Contoh topik eksposisi proses adalah cara membuat kue, cara menanam padi, cara mengurus visa, dan lain-lain.
  • Eksposisi ilustrasi. Eksposisi ilustrasi adalah jenis teks eksposisi yang berisi penjelasan tentang suatu konsep, istilah, atau fenomena dengan menggunakan contoh-contoh yang konkret, nyata, atau spesifik. Contoh topik eksposisi ilustrasi adalah dampak positif internet, manfaat olahraga, akibat merokok, dan lain-lain.
  • Eksposisi pertentangan. Eksposisi pertentangan adalah jenis teks eksposisi yang berisi penjelasan tentang suatu konsep, istilah, atau fenomena dengan menggunakan sudut pandang yang berlawanan, berbeda, atau bertentangan. Contoh topik eksposisi pertentangan adalah pro dan kontra vaksinasi, pro dan kontra e-learning, pro dan kontra otonomi daerah, dan lain-lain.
  • Eksposisi laporan. Eksposisi laporan adalah jenis teks eksposisi yang berisi penjelasan tentang hasil dari suatu penelitian, observasi, atau investigasi. Contoh topik eksposisi laporan adalah laporan hasil penelitian tentang pengaruh media sosial terhadap perilaku remaja, laporan hasil observasi tentang kondisi lingkungan sekolah, laporan hasil investigasi tentang kasus korupsi, dan lain-lain.
  • Eksposisi perbandingan. Eksposisi perbandingan adalah jenis teks eksposisi yang berisi penjelasan tentang persamaan dan perbedaan antara dua atau lebih konsep, istilah, atau fenomena. Contoh topik eksposisi perbandingan adalah perbandingan antara sistem pemerintahan presidensial dan parlementer, perbandingan antara pendidikan formal dan nonformal, perbandingan antara budaya Jawa dan Sunda, dan lain-lain.

Contoh Teks Eksposisi

Berikut adalah contoh teks eksposisi dengan topik “Pengertian Teks Eksposisi” yang merupakan jenis eksposisi definisi:

Tesis:

Teks eksposisi adalah jenis teks yang berisi informasi dan pengetahuan yang disampaikan secara singkat, padat, dan disertai pendapat (argumen) dari penulisnya.

Tujuan dari teks ini adalah untuk menjelaskan, menginformasikan, atau memberikan pengetahuan kepada pembaca tentang suatu topik tertentu tanpa bermaksud memengaruhi atau membujuk pembaca.

Rangkaian argumen:

Teks eksposisi banyak ditemukan di media cetak maupun digital, seperti surat kabar, majalah, buku, website, blog, dan lain-lain. Teks ini memiliki ciri-ciri, struktur, dan jenis-jenis tertentu yang membedakannya dengan jenis teks lainnya.

Teks eksposisi bersifat informatif dan edukatif, karena bertujuan untuk memberikan informasi atau pengetahuan yang bermanfaat bagi pembaca, bukan untuk menghibur, menggugah emosi, atau mempengaruhi pembaca.

Penegasan ulang:

Demikianlah penjelasan tentang pengertian teks eksposisi. Teks eksposisi adalah jenis teks yang menjelaskan, menginformasikan, atau memberikan pengetahuan tentang suatu topik tertentu dengan menggunakan fakta-fakta yang mendukung gagasan pokok atau tesis dari penulisnya.

Teks ini memiliki struktur yang terdiri dari tesis, rangkaian argumen, dan penegasan ulang. Teks ini juga memiliki beberapa jenis berdasarkan tesis yang disampaikan, yaitu eksposisi definisi, eksposisi proses, eksposisi ilustrasi, eksposisi pertentangan, eksposisi laporan, dan eksposisi perbandingan.

Check Also

Pengertian Cerpen: Ciri, Unsur, Jenis, dan Contoh

Pengertian Cerpen: Ciri, Unsur, Jenis, dan Contoh

Pengertian Cerpen: Ciri, Unsur, Jenis, dan Contoh | CobainSaja.Com – Cerpen adalah singkatan dari cerita …