Pengertian Seni Rupa, Unsur, Jenis, dan Contohnya

Pengertian Seni Rupa, Unsur, Jenis, dan Contohnya | CobainSaja.Com – Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika.

Seni rupa merupakan hasil karya imajinasi seseorang yang akhirnya bisa divisualisasikan, diraba, ditatap dan dapat dirasakan oleh orang lain yang melihat atau menyentuh hasil karya tersebut. Seni rupa secara umum dapat dibedakan menjadi dua golongan, yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan.

Seni Rupa Murni

Seni rupa murni adalah bidang seni rupa yang mengutamakan cipta, rasa, dan karsa manusia pada sesuatu yang indah untuk mengekspresikan diri. Seni rupa murni adalah seni yang tidak memiliki fungsi praktis atau utilitas, melainkan hanya berfungsi sebagai hiasan atau dekorasi.

Seni rupa murni juga disebut sebagai seni bebas atau seni murni karena tidak terikat oleh aturan atau norma tertentu. Contoh yang tergolong seni rupa murni antara lain seni lukis, seni grafis, seni patung, seni instalasi, seni keramik, seni film, dan seni fotografi.

Seni Lukis

Seni lukis adalah seni rupa murni yang menghasilkan karya seni berupa gambar di atas bidang datar seperti kanvas, kertas, tembok, kayu, dsb. Seni lukis menggunakan alat dan bahan seperti cat, kuas, pensil, spidol, dsb.

Seni lukis memiliki berbagai macam gaya dan aliran, seperti realisme, impresionisme, ekspresionisme, surealisme, abstrak, dsb. Contoh seniman lukis terkenal adalah Leonardo da Vinci, Vincent van Gogh, Pablo Picasso, Raden Saleh, Affandi, Basuki Abdullah, dsb.

Seni Grafis

Seni grafis adalah seni rupa murni yang menghasilkan karya seni berupa cetakan di atas bidang datar seperti kertas, kain, plastik, dsb. Seni grafis menggunakan alat dan bahan seperti tinta, plat, rol, mesin cetak, dsb.

Seni grafis memiliki berbagai macam teknik dan proses, seperti etsa, litografi, silkscreen, stencil, dsb. Contoh seniman grafis terkenal adalah Albrecht Durer, Andy Warhol, M.C. Escher, Popo Iskandar, Hendra Gunawan, S. Sudjojono, dsb.

Seni Patung

Seni patung adalah seni rupa murni yang menghasilkan karya seni berupa bentuk tiga dimensi yang bisa dilihat dari berbagai sudut pandang. Seni patung menggunakan alat dan bahan seperti pahat, palu, tanah liat, kayu, batu, logam, plastisin, dsb.

Seni patung memiliki berbagai macam bentuk dan ukuran, seperti figuratif, nonfiguratif, realistis, abstrak, monumental, miniatur, dsb. Contoh seniman patung terkenal adalah Michelangelo, Auguste Rodin, Henry Moore, Edhi Sunarso, Nyoman Nuarta, Teguh Ostenrik, dsb.

Seni Instalasi

Seni instalasi adalah seni rupa murni yang menghasilkan karya seni berupa susunan atau komposisi benda-benda di dalam ruang tertentu. Seni instalasi menggunakan alat dan bahan yang bervariasi, seperti barang bekas, alamiah, buatan, dsb.

Seni instalasi memiliki berbagai macam konsep dan tema, seperti sosial, politik, budaya, lingkungan, dsb. Contoh seniman instalasi terkenal adalah Marcel Duchamp, Yayoi Kusama, Damien Hirst, Heri Dono, Titarubi, Agus Suwage, dsb.

Seni Keramik

Seni keramik adalah seni rupa murni yang menghasilkan karya seni berupa benda-benda yang terbuat dari tanah liat yang dibakar. Seni keramik menggunakan alat dan bahan seperti roda putar, oven, glasir, cat, dsb.

Seni keramik memiliki berbagai macam bentuk dan fungsi, seperti guci, piring, mangkuk, vas, hiasan, dsb. Contoh seniman keramik terkenal adalah Bernard Leach, Shoji Hamada, Lucie Rie, F. Widayanto, Haryadi Suadi, Arahmaiani, dsb.

Seni Film

Seni film adalah seni rupa murni yang menghasilkan karya seni berupa gambar bergerak yang disertai dengan suara. Seni film menggunakan alat dan bahan seperti kamera, mikrofon, komputer, software, dsb.

Seni film memiliki berbagai macam genre dan tema, seperti drama, komedi, horor, aksi, romantis, sejarah, dsb. Contoh seniman film terkenal adalah Alfred Hitchcock, Steven Spielberg, Martin Scorsese, Garin Nugroho, Riri Riza, Joko Anwar, dsb.

Seni Fotografi

Seni fotografi adalah seni rupa murni yang menghasilkan karya seni berupa gambar diam yang merekam suatu objek atau kejadian. Seni fotografi menggunakan alat dan bahan seperti kamera, lensa, tripod, filter, flash, dsb.

Seni fotografi memiliki berbagai macam jenis dan tema, seperti potret, lanskap, still life, dokumenter, jurnalistik, dsb. Contoh seniman fotografi terkenal adalah Ansel Adams, Henri Cartier-Bresson, Robert Capa, Darwis Triadi, Oscar Motuloh, Arbain Rambey, dsb.

Seni Rupa Terapan

Seni rupa terapan adalah bidang seni rupa yang menghasilkan karya seni yang memiliki fungsi praktis atau utilitas, selain nilai estetika. Seni rupa terapan adalah seni yang diterapkan atau diaplikasikan pada bentuk-bentuk fungsional yang memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Contoh yang tergolong seni rupa terapan antara lain desain, arsitektur, kriya, pakaian, ilustrasi, patung terapan, dsb.

Desain

Desain adalah seni rupa terapan yang menghasilkan karya seni berupa rancangan atau konsep yang dituangkan dalam bentuk visual. Desain menggunakan alat dan bahan seperti pensil, kertas, komputer, software, dsb.

Desain memiliki berbagai macam bidang dan tujuan, seperti desain grafis, desain produk, desain interior, desain komunikasi visual, desain industri, dsb. Contoh desainer terkenal adalah Paul Rand, Dieter Rams, Philippe Starck, Iwan Tirta, Harry Darsono, Nia Dinata, dsb.

Arsitektur

Arsitektur adalah seni rupa terapan yang menghasilkan karya seni berupa bangunan atau struktur yang memiliki fungsi dan keindahan. Arsitektur menggunakan alat dan bahan seperti sketsa, gambar, model, bata, semen, kayu, kaca, dsb.

Arsitektur memiliki berbagai macam gaya dan fungsi, seperti klasik, modern, kontemporer, vernakular, religius, komersial, residensial, dsb. Contoh arsitek terkenal adalah Le Corbusier, Frank Lloyd Wright, I.M. Pei, Ciputra, Thomas Karsten, Andra Matin, dsb.

Kriya

Kriya adalah seni rupa terapan yang menghasilkan karya seni berupa benda-benda yang dibuat dengan tangan atau alat sederhana. Kriya menggunakan alat dan bahan seperti pisau, gunting, jarum, benang, kain, rotan, bambu, tanah liat, logam, dsb.

Kriya memiliki berbagai macam jenis dan fungsi, seperti kriya tekstil, kriya rotan, kriya keramik, kriya logam, kriya kayu, dsb. Contoh pengrajin kriya terkenal adalah I Nyoman Tjokot, Ida Bagus Tilem, I Wayan Winten, F. Widayanto, Liem Keng Sien, Iwan Tirta, dsb.

Pakaian dan Perlengkapan Busana

Pakaian dan perlengkapan busana adalah seni rupa terapan yang menghasilkan karya seni berupa benda-benda yang dipakai untuk menutupi atau menghias tubuh manusia. Pakaian dan perlengkapan busana menggunakan alat dan bahan seperti jarum, benang, mesin jahit, gunting, kain, kancing, resleting, dsb.

Pakaian dan perlengkapan busana memiliki berbagai macam jenis dan fungsi, seperti pakaian adat, pakaian modern, pakaian formal, pakaian kasual, pakaian olahraga, topi, sepatu, tas, ikat pinggang, dsb. Contoh perancang pakaian dan perlengkapan busana terkenal adalah Coco Chanel, Christian Dior, Giorgio Armani, Anne Avantie, Biyan, Dian Pelangi, dsb.

Gambar Ilustrasi

Gambar ilustrasi adalah seni rupa terapan yang menghasilkan karya seni berupa gambar yang mendukung atau menjelaskan suatu teks, cerita, atau informasi. Gambar ilustrasi menggunakan alat dan bahan seperti pensil, spidol, cat, kertas, komputer, software, dsb.

Gambar ilustrasi memiliki berbagai macam jenis dan tujuan, seperti ilustrasi buku, ilustrasi majalah, ilustrasi komik, ilustrasi kartun, ilustrasi poster, ilustrasi iklan, dsb. Contoh ilustrator terkenal adalah Walt Disney, Dr. Seuss, Quentin Blake, Mice Misrad, Eko Nugroho, Sheila Rooswitha, dsb.

Patung Terapan

Patung terapan adalah seni rupa terapan yang menghasilkan karya seni berupa bentuk tiga dimensi yang memiliki fungsi tertentu selain nilai estetika. Patung terapan menggunakan alat dan bahan seperti pahat, palu, tanah liat, kayu, batu, logam, plastisin, dsb. Patung terapan memiliki berbagai macam bentuk dan fungsi, seperti patung hiasan, patung peringatan, patung simbol, patung mainan, patung maskot, patung trofi.

Check Also

Pengertian Cerpen: Ciri, Unsur, Jenis, dan Contoh

Pengertian Cerpen: Ciri, Unsur, Jenis, dan Contoh

Pengertian Cerpen: Ciri, Unsur, Jenis, dan Contoh | CobainSaja.Com – Cerpen adalah singkatan dari cerita …