Cara Pengajuan Cuti Akademik Ugm
Cara Pengajuan Cuti Akademik Ugm

Cara Pengajuan Cuti Akademik Ugm

Hello, Sobat CobainSaja.Com! Apakah kamu seorang mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) yang ingin mengajukan cuti akademik? Jika iya, maka kamu berada di tempat yang tepat. Pada artikel ini, kita akan membahas cara pengajuan cuti akademik UGM secara lengkap dan jelas. Yuk, simak informasinya!

Sebelum kita masuk ke dalam pembahasan utama, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu cuti akademik UGM. Cuti akademik adalah sebuah masa istirahat yang diberikan kepada mahasiswa untuk menyelesaikan urusan pribadi atau mengalami suatu masalah yang tidak dapat dihindari.

Cuti akademik UGM dapat diberikan kepada mahasiswa yang telah menyelesaikan minimal satu semester dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) minimal 2,00 dan telah terdaftar sebagai mahasiswa aktif pada semester tersebut.

Untuk mengajukan cuti akademik UGM, kamu harus mengikuti beberapa tahapan. Berikut adalah tahapan-tahapan pengajuan cuti akademik UGM yang harus kamu ketahui:

1. Mengisi Formulir Cuti Akademik

Tahap pertama yang harus kamu lakukan adalah mengisi formulir cuti akademik UGM. Formulir ini dapat diunduh melalui website resmi UGM atau kamu bisa mendapatkannya langsung di bagian Akademik Fakultas. Pastikan kamu mengisi formulir tersebut dengan benar dan lengkap.

2. Mengumpulkan Dokumen Pendukung

Selanjutnya, kamu harus mengumpulkan dokumen pendukung seperti surat keterangan dari dokter, surat keterangan dari kepala desa, atau surat keterangan dari pihak keluarga yang menjelaskan alasan kamu membutuhkan cuti akademik. Dokumen-dokumen tersebut harus disertakan dalam pengajuan cuti akademik.

3. Mengajukan Cuti Akademik ke Dekanat

Setelah mengisi formulir dan mengumpulkan dokumen pendukung, kamu harus mengajukan cuti akademik ke dekanat fakultas kamu. Pastikan kamu mengajukan cuti akademik sebelum masa perkuliahan dimulai. Jangan lupa untuk membawa semua dokumen yang diperlukan saat mengajukan cuti akademik.

4. Menunggu Pengumuman dari Dekanat

Setelah mengajukan cuti akademik, kamu harus menunggu pengumuman dari dekanat apakah cuti akademik kamu disetujui atau tidak. Biasanya, pengumuman tersebut akan diumumkan melalui website resmi UGM atau papan pengumuman fakultas kamu.

5. Mengambil Tanda Bukti Cuti Akademik

Jika cuti akademik kamu disetujui, maka kamu harus mengambil tanda bukti cuti akademik di bagian Akademik Fakultas. Tanda bukti ini nantinya akan kamu lampirkan saat mendaftar kembali di UGM.

6. Mendaftar Kembali di UGM

Setelah masa cuti akademik berakhir, kamu harus mendaftar kembali di UGM. Pastikan kamu membawa tanda bukti cuti akademik saat mendaftar kembali. Kamu juga harus membayar biaya kuliah dan melakukan registrasi ulang.

Itulah tahapan-tahapan pengajuan cuti akademik UGM yang harus kamu ketahui. Pastikan kamu mengikuti semua tahapan tersebut agar pengajuan cuti akademik kamu dapat disetujui.

Demikianlah cara pengajuan cuti akademik UGM yang harus kamu ketahui. Pastikan kamu mengajukan cuti akademik sebelum masa perkuliahan dimulai dan mengikuti semua tahapan pengajuan dengan benar. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!